Diberdayakan oleh Blogger.

LOUIS ARMSTRONG; SALAH SATU LEGENDA MUSIK JAZZ DUNIA


Louis Amstrong merupakan salah satu musisi Jazz legandaris asal Amerika yang sangat terkenal dengan single nya What a Wonderful World. Beliau banyak mengispirasi musisi Jazz zaman berikutnya. Lahir pada tanggal 4 Agustus 1901 di New Orleans, Louisiana, USA dan wafat di bulan Juli 1971 pada tanggal 6. Penyayi  yang biasa di panggil dengan nama Satchmo atau Pops tidak hanya memiliki suara yang merdua dan mampu menghanyutkan perasaan pendengarnya tapi beliau juga seorang musisi sejati yang mampu memainkan beberapa alat music utamanya terompet. Dan sebagai seorang penyanyi Jazz beliau memiliki skill scat yang mengagumkan.

Sejak kecil beliau merupakan sosok yang mandiri dan tegar, masa kecilnya di lalui dengan sangat keras. Ketika masih di Fisk School (semacam sekolah rakyat dulu di Indonesia mungkin) beliau pernah bekerja sebagai loper Koran dan mengumpulkan sisa-sisa makanan restoran untuk di jual kembali, namun semua yang dilakukannya tidak banyak membantu ibunya yang kepalang tanggung terjerumus dalam dunia prostitusi. Untuk mendapatkan tambahan uang Louis Amstrong Remaja biasa ikut dalam penambangan batubara di Storyville, New Orleans.
Dari sejak remaja, Louis Amstrong memang telah menyukai musik khususnya musik Jazz. Beliau biasa menghabiskan waktu luangnya menyaksikan performa band-band kenamaan di Pete Lala’s di mana banyak musisi  terkenal pernah tampil di sana, salah satunya musisi Jazz Joe King Oliver.
Pada tahun 1922 Louis Amstong kemudian hijrah ke Chicago bersama para exodus atas undangan mentornya  Joe King Oliver setelah gagal dalam pernikahannya dengan Daisy Parker. Di pernikahan pertamanya itu beliau sempat mengadopsi seorang anak dari sepupunya Flora bernama Clarence Armstrong.
Kegagalan pernikahan menjadi titik balik karir Louis Amstrong di dunia musik Jazz. Neil Amstrong mulai menggubah musik, menulis lirik dan bermain terompet. Joe King Oliver kemudian merekrutnya ke dalam band Creole Jazz Band. Creole Jazz Band kemudian menjadi band yang sangat terkenal dan banyak mengispirasi band-band lainnya di Chicago. Louis Armstrong hidup mewah di Chicago, musik Jazz telah membuatnya banyak di kenal public di Amerika khususnya Chicago.



Sumber; nyadur dari Wikipedia

About Me

Foto Saya
Colliq Pujie
Kita saling mengulurkan tangan ketika hanyut, Kita saling menghidupkan karena kita seia sekata, Saling mengangkat dan tak saling menjatuhkan
Lihat profil lengkapku